PRINSIP KERJA KARBURATOR
Advertisement
Kali ini saya
akan membahas prinsip kerja dari karburator, yang sebagian orang sudah
tahu tentang karburator baik yang digunakan pada mobil atau sepeda
motor.
Fungsi utama dari karburator adalah untuk mencampur bahan bakar (bensin) dengan udara sebelum campuran tersebut masuk kedalam ruang bakar di dalam silinder.
Untuk penjelasanya silakan baca selengkapnya tentang prinsip kerja karburator di bawah ini.
I. Uap Campuran
Bensin cair (sukar meledak) Uap bensin (mudah meledak)
Maka dari itu,..
Bensin harus diubah dari bentuk cair menjadi uap.
Bgaimana caranya...?
Caranya adalah : Caranya adalah :
Fungsi utama dari karburator adalah untuk mencampur bahan bakar (bensin) dengan udara sebelum campuran tersebut masuk kedalam ruang bakar di dalam silinder.
Untuk penjelasanya silakan baca selengkapnya tentang prinsip kerja karburator di bawah ini.
I. Uap Campuran
Bensin cair (sukar meledak) Uap bensin (mudah meledak)
Maka dari itu,..
Bensin harus diubah dari bentuk cair menjadi uap.
Bgaimana caranya...?
1. Mengatomisasikan 2.
Menguapkan melalui pemanasan
(memecahkan menjadi
bagian-bagian yang kecil)
Caranya adalah : Caranya adalah :
Mengatur datangnya
arus udara Memanaskan
dasar carburator
tegak lurus atas
saluran bensin (manifold)
Agar terjadi
pembakaran yang sempurna (terbakar semua)
1. Bagaimanakah
perbandingan bahan bakar dan udara tersebut ?
Perbandingan campuran udara &
bensin yang ideal (stochiometri) untuk pembakaran di dalam mesin pada suhu
& tekanan tertentu, andaikan pengisian silinder normal adalah :
1 Bagian bahan bakar dan 15 Bagian udara
2. Apakah yang
dimaksud campuran homogen ?
Pembagian yang merata dari bagian-bagian terkecil udara
& bagian-bagian terkecil bensin.
KENAPA ?
Bagaimana bentuk campuran putaran idle
?
Pada putaran idle, perbandingan campuran bensin &
udara 1 : 18 adalah terlalu kurus sehingga tidak didapat putaran yang baik dan
mungkin mesin sukar untuk hidup, untuk itu pada putaran idle campuran yang
digunakan adalah 1 : 12, hal ini untuk mengatasi gesekan dan momen mesin pada
putaran rendah.
1. Pada saat kecepatan udara rendah :
Vakum di dalam
pipa bahan bakar kecil, sehingga tidak
mampu menghisap bahan bakar keluar.
|
2. Pada saat kecepatan udara tinggi :
Pada
kecepatan udara tinggi, maka vakum di dalam pipa bahan bakar besar, sehingga
bahan bakar terhisap keluar.
|
Bagaimana timbulnya aliran udara
Gerakan
turun naik piston mengakibatkan terjadinya aliran udara di dalam pipa tabung
yang menghisap bahan bakar ke dalam ruang silinder
Karburator
Dasar.
Apa fungsi ruang pelampung ?
Menampung
sementara bensin sebelum dialirkan ke saluran-saluran karburator.
Apa fungsi Throttle Butterfly ?
Mengatur
besar kecilnya aliran udara yang masukke ruang silinder, jadi mengatur jumlah
campuran udara & bensin yang masuk
Perbandingan jumlah bahan bakar dan
udara pada kerburator dasar.
Udara , arus
udara akan seirama dengan kecepatan mesin.
Bensin, untuk mengeluarkan bensin
dari jet, dibutuhkan suatu hisapan minimal tertentu
Bensin Udara
Kekurangan pada karburator dasar adalah :
1. Tidak menjamin campuran udara dan
bensin yang tepat dan tetap.
2. Tidak memiliki alat-alat penambahan /
pengurangan bahan bakar, untuk keperluan mesin pada
berbagai kecepatan.
1. Tidak ada alat untuk start dalam
keadaan dingin.
2. Tidak ada alat untuk menambah bensin
pada waktu dibutuhkan tenaga.
Bagaimana
mendapatkan perbandingan campuran bahan bakar dan udara yang baik dan benar ?
Pemecahan praktis
1. Penggemukan 2. Pengurusan
Mengunakan jet kecil + penggemukan Mengunakan jet besar + pengurusan
Perbaikan campuran harus dilakukan secara otomatis. Untuk
itu kita akan menggunakan kemungkinan yang kedua dengan perbaikan secara
otomatis.
Cara memperbaiki campuran bahan bakar secara otomatis dengan tabung emulsi dan jet
perbaikan udara (air jet).
Caranya adalah :
Vakum di daerah jet harus
dikurangi progresip dengan bertambahnya udara yang mengalir di dalam tabung
choke.
Beberapa cara memelihara suplay bahan bakar melalui jet dengan memberikan udara ke dalam saluran bahan bakar.
1.
Vakum bekerja di atas jet, dan besarnya
bensin yang keluar dibatasi oleh jet.
2. Vakum bekerja di atas saluran bensin.
Bensin yang keluar lebih banyak.
3. Vakum bekerja di atas jet, tetapi
bensin tidak terhisap keluar karena udara yang masuk melalui P banyak.
4. Vakum bekerja di atas saluran bensin,
tetapi bensin tidak terhisap keluar karena udara yang masuk melalui P banyak.
5. Vakum bekerja di atas saluran bensin,
bensin yang keluar terbatas karena udara yang masuk melalui J kecil. Udara
yang masuk dibatasi oleh jet J.
Cara Kerja tabung emulsi pada karburator dasar.
Cara kerja :
Dengan menurunnya
permukaan bensin di dalam tabung E, maka akan terbuka satu saluran dengan
penambahan udara.
Campuran menjadi
lebih kurus, karena ada penambahan udara.Arus bensin pada
diffuser akan
menjadi sama seperti arus bensin dengan jet yang lebih kecil.
Pemasangan
tabung emulsi pada saluran utama/main Circuit.
Karburator Dasar + Perbaikan Otomatis + Tabung Emulsi = Main Circuit
Sehingga main Circuit menghasilkan : campuran udara dan bensin yang ekonomis.
Bensin
: udara = 1
: 18
Bagaimana cara mendapatkan
arus udara yang cukup tinggi sehingga mendapatkan
kevacuman di dalam saluran bahan bakar sehingga dapat menghisap bahan bakar keluar .
kevacuman di dalam saluran bahan bakar sehingga dapat menghisap bahan bakar keluar .
Caranya dengan menempatkan venturi
Banyaknya
bahan bakar yang keluar tergantung dari besarnya saluran bahan bakar dalam
suatu vacum tertentu
Bagaimana kita dapat mengatur/mengendalikan banyaknya bahan bakar yang
keluar dari salurannya ?
Yakni
dengan sebuah jet, untuk mengatur
banyaknya bahan bakar yang keluar dari salurannya
Untuk arus udara yang sama besarnya maka :
Jet diameter besar Jet
diameter kecil
Memberi arus bensin besar Memberi arus
bensin kecil
Jenis-jenis venture
Venture tetap
Venture variable
Urutan pembukaan katup gas
Jenis-jenis venture
Venture tetap
Kecepatan udara pada venturi tergantung hisapan piston
Venturi-venturi sekunder dapat memperbaiki pengatomisasian bahan bakar melalui gesekan udaraVenture variable
Urutan pembukaan katup gas
Type Karburator Down Draft
Kelebihannya adalah ?
·
Mudah menghisap bahan bakar
·
Vakum bekerja
searah dengan gaya berat.
Udara dan bahan bakar dipengaruhi oleh
gaya berat.
Kekurangannya adalah ?
Kebocoran katup jarum mengakibatkan
ruang silinder menjadi basah.
Beberapa type karburator jika dilihat dari aliran udaranya
1. Side druft 2. Up stream 3. Down drsuft
Arah aliran udara
Karburator dasar terdiri dari Fungsi
Pelampung memelihara permukaan bensin tetap konstan
Throttle Butterfly mengatur besar kecilnya arus udara
Venturi mempercepat kecepatan arus udara
Diffuser mempercepat kecepatan arus udara
Jet membatasi aliran bahan bakar
Bagaimana pada putaran rendah ?
Jika throttle tertutup maka tidak ada arus udara yang
melewati. Dapat menyebabkan mesin
tidak bisa
idling.
Oleh karena itu harus dibuat saluran lain !
Idle circuit
Sistem dengan
throttle pada posisi tertentu :
Throttle Butterfly pada posisi ini akan tertutup dengan
sudut tertentu, maka pemasukan udara adalah melalui suatu saluran khusus dengan
baut penyetel bagian atas kanan.
Keuntungan sistem
ini adalah :
1. Arus
udara lebih terkontrol oleh baut penyetel.
2. Homogen campuran lebih sempurna pada
ujung saluran idle.
3. Polusi
saat idle berkurang.
Progresif circuit
Untuk apa diperlukan saluran progresif ?
Untuk
memberi peralihan yang rata
Diantara saluran
idle Dengan saluran utama.
Saluran progresip ini
biasanya terdiri dari lubang-lubang atau celah
Acceleration Circuit /Saluran Akselerasi
> Jumlah udara yang masuk banyak.
> Suplay bahan bakar tertunda.
Akibatnya ?
Campuran menjadi kurus
bilamana diameter tabung choke diperlebar.
Campuran perlu digemukkan.
Gambar di atas adalah pompa akselerasi dengan
membran, ada juga yang menggunakan pompa
akselerasi dengan piston.
Econostat
Circuit
Econostat Circuit bekerja pada saat ?
Kecepatan tinggi untuk mencegah kekurangan bahan
bakar, dimana bahan bakar dialirkan melalui econostat yang bekerja karena vakum
pada ujung saluran.Power Circuit
Bilakah power Circuit bekerja ?
Pada tanjakan, throttle valve terbuka
penuh(pedal gas diinjak penuh). Diperlukan tenaga maksimum, tetapi rpm mesin
rendah dan arus udara di dalam karburator juga rendah, bensin yang keluar pada
saluran utama kurang. Diperlukan penambahan bensin.
Cara kerja Power Circuit :
Pada saat idle dan
kecepatan mesin rata-rata katup penambahan bahan bakar tertutup.
Pada kecepatan
rendah dimana throttle terbuka penuh dan rpm mesin rendah, maka vakum juga
rendah.
Pegas mendorong
katup, saluran tambahan bensin terbuka dan menambah bensin kepada saluran utama
di tabung emulsi.
Perlengkapan
menghidupkan mesin pada saat dingin.
Apa yang terjadi pada saat mesin dan
intake manifold dalam keadaan dingin ?
Bensin berkondensasi (menempel) pada dinding manifold dan
silinder.
Untuk itu campuran perlu diperkaya
Kira-kira = bensin 1 : udara 8
Tujuannya adalah :
Memperkaya campuran (mencegah terjadinya campuran kurus)
agar mudah terbakar.
Beberapa istilah dalam penyetelan karburator :
1. Positive Throttle Opening (PTO) :
Posisi throttle
terbuka sedikit pada waktu choke tertutup.
Gunanya untuk
mencapai rpm tertentu guna pemanasan mesin di waktu dingin.
2. Choke Opening After Starting (COAS) :
Posisi katup choke membuka sedikit setelah mesin hidup.
Gunanya mendapatkan udara agar mesin tetap hidup.
3. Normal Idling Position (NIP) :
Posisi katup choke
terbuka penuh
Gunanya mencegah
campuran yang terlalu gemuk
Demikianlah
pembahasan tentang prinsip dari karburator yang terdapat pada kendaraan
baik mobil maupun sepeda motor semoga dapat bermanfaat bagi para
pembaca.
Sumber : http://www.viarohidinthea.com/2015/01/prinsip-kerja-karburator.html
0 komentar:
Posting Komentar